Goes_Green's Slide

Jumat, 18 Juli 2008

AGLAONEMA , SRI REJEKI, SANG RATU....



AGLAONEMA , SRI REJEKI, SANG RATU….

Sri Rejeki, itulah sebutan orang Indonesia selama ini bagi Aglaonema yang kian poluper di kalangan hobiis.
( Aglaonema Donna Carmen Mutasi - Tinug Collection)
Bermacam-macam jenis Aglounema yang kita kenal selama ini. Sebutlah Pride of Sumatera , Red Legacy, Balangthong, Lady Valentine, Siam Aurora, Dud Unyamanee, dan sebagainya itu
dapat kita identifikasikan dari bentuk daun, corak warna daun, warna tulang daun ,garis tepi daun dan sebagainya. Seprti halnya corak Aglaonema Lady Valentine dan Kirana , selintas mereka seperti satu jenis, tetapi bagi para hobiis akan mudah sekali mengenali dan mengidentikasi kedua jenis Aglaounema ini. Lady Valentine cenderung memiliki bentuk daun agak bulat dibanding Kirana. Disamping itu corak warna pink yang melekat di daunnya lebih tajam dibanding Kirana.postur batangnya berbeda, Lady Valentine lebih kompak, sedangkan Kirana lebih melebar dengan batang yang lebih panjang. Begitulah para hobiis mencoba
( Aglounema Lady Valentine - Tinug Collection)

mengidentivikasi berbagai macam Aglaonema.
Sekarang ini telah banyak sekali para hobiis yang mencoba memperbanyak dan mengembangkan Aglounema, yang lebih populer dengan sebutan Sang Ratu . Tehnik penyilangan , cangkok dan tehnik kultur jaringan dilakukan untuk megembangkan tanaman ini, sehingga banyak sekali bermunculan nama – nama baru dengan varietas yang lebih unggul.
Negara Thailand merupakan salah satu negara yang banyak melakukan pengembangan tanaman ini.Banyak sekali kantong-kantong shading net dengan lahan yang sangat luas hingga 10 hektar ditemui negara Gajah Putih ini.( sumber : majalah Trubus ).

(Anakan Aglaunema Red Kochin - Tinug Collection)
Kolektor Aglaunema
di Indonesia sendiri, seperti Greg Hambali , telah berhasil melahirkan beberapa jenis Aglaunema melalui hasil silanganannya, seperti Pride of Sumatera, Maddam Suroyo , Moonlight dan lain-lain. Peran beberapa kolektor dan hobiis dalam mencoba mengembangkan Aglaonema ini menjadi sangat penting bagi kelanjutan spesies Aglaonema di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your comment:

COMMENTS: